Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil - Kebiasaan BAB setiap individu berbeda-beda. Ada yang setiap hari, sementara yang lain 2-3 hari baru BAB. Tak ada patokan pasti berapa lama mengenai kesulitan mengeluarkan kotoran dari dalam perut ini, termasuk ibu yang sedang hamil, di usia kehamilan berapa pun, apakah di awal, tengah, maupun akhir atau bahkan sepanjang kehamilan itu sendiri. 

cara mengatasi sembelit pada ibu hamil


Terjadinya sembelit saat kehamilan bisa karena adanya perubahan hormon selama masa kehamilan dan tentunya sembelit saat hamil akan mempengaruhi kerja organ, termasuk fungsi pencernaan yang cenderung akan melambat. Namun, anda tidak usah panik kami mempunyai solusi terbaiknya. Untuk itu, silahkan anda simak pembahasan berikut ini.

Sembelit pada ibu hamil merupakan gangguan pencernaan berupa terhambatnya pengeluaran dari sisa-sisa makanan, akibatnya, ibu mengalami kesulitan untuk buang air besar (BAB). Biasanya, feses menjadi keras, dan perut terasa nyeri atau mulas. Akibat feses keras, secara nalurilah ibu akan mengejan untuk mengeluarkan feses. Akhirnya, rektum membengkak dan berdarah akibat pecahnya pembuluh darah di anus. Dalam proses persalinan, dampaknya adalah timbul kesulitan saat proses persalinan per vagina, akibat terdapat wasir atau embeien di dekat jalan lahir dan ibu tidak boleh mengejan terlalu keras.

Lalu, bagaimana cara menghindari konstipasi agar ibu hamil tetap merasa nyaman? Yuk kita simak beberapa tips berikut ini.

Mengkonsumsi Cukup Serat
Serat adalah kandungan makanan yang mampu membuat buang air besar menjadi lancar. Untuk itu, guna menghindari konstipasi, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat. Contoh makanan yang kaya akan kandungan serat adalah sereal, roti gandum, sayur – mayur, buah segar, beras merah dan kacang-kacangan.

Minum Cukup Air
Pada kondisi normal, manusia diharuskan meminum 2 liter air sehari. Hal tersebut berbeda dengan ibu hamil, dimana para peneliti sudah menyebutkan bahwa untuk menghindarkan ibu hamil dari konstipasi, ibu hamil perlu menambah jumlah air putih yang diminumnya setidaknya satu gelas. Untuk mendapat hasil maksimal, minum air hangat saat pagi hari.

Terlalu Sering Menunda BAB
Menunda BAB merupakan kebiasaan buruk yang dapat melemahkan sistem dlam usus besar, dimana usus jadi tidak berkontraksi yang menyebabkan mulas

Baca juga : Cara Mengatasi Sembelit